Zuckerberg dan Assange Bersaing Sebagai “Person of the Year” Majalah Time

Dikutip dari Vibiznews===> Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO jaring pertemanan sosial Facebook yang memiliki keanggotaan lebih dari setengah miliar, dinobatkan oleh majalah Time sebagai “Person of the Year 2010”. Time mendefinisikan “Person of the Year” sebagai orang yang – dalam cara yang baik maupun buruk – memberikan pengaruh terbesar di tahun tersebut. (16/12)


Editor Time Richard Stengel menyatakan dalam pidato pengumuman pemenang “Person of the Year” bahwa tahun ini Facebook telah mencapai 500 juta pengguna. Skala yang telah dicapai oleh facebook adalah sesuatu yang etlah mentransformasi hidup manusia. Facebook bukan semata sebuah teknologi baru, itu adalah sebuah social engineering. Facebook telah mengubah cara kita untuk berhubungan satu sama lain. Menurut Stengel Facebook telah memberikan dampak kepada umat manusia dengan cara yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Mark Zuckerberg adalah seorang mahasiswa tahun kedua berusia 19 tahun di Harvard pada tahun 2004 saat ia memulai sebuah situs bernama Thefacebook.com yang beroperasi dari kamar asramanya. Saat ini ia adalah miliuner termuda di dunia dan perusahaannya, Facebook, diprediksi menghasilkan pendapatan sebesar 2 miliar dolar pada tahun 2010 ini.

Zuckerberg telah menjanjikan 100 juta dolar untuk didonasikan kepada the Newark, New Jersey, untuk pembiayaan sistem pendidikan tahun ini. Kisah hidup para pendiri Facebook telah diangkat ke layar lebar di tahun 2010 ini melalui film “The Social Network”, yang turut dibintangi oleh Justin Timberlake.

Pada usia 26 tahun Zuckerberg merupakan pemenang termuda sejak Charles Lindbergh dinobatkan sebagai “Person of the Year” pada tahun 1927 lalu. Lindbergh merupakan pilot pertama yang melakukan penerbangan solo melintasi Samudra Atlantik. Zuckerberg menggantikan Bernanke yang dinobatkan sebagai “Person of the Year” di tahun 2009 lalu.

Pendiri Kontroversial WikiLeaks adalah “Person of the Year” Pilihan Pembaca Time

Di tengah kontroversi penangkapannya atas tuduhan pelecehan, juga kontroversi yang menyertai WikiLeaks, Julian Assange dipilih oleh para pembaca Time sebagai “Person of the Year”, meskipun pada akhirnya panelis editor Time memilih Zuckerberg sebagai pemenang resmi.

Assange adalah pria berkebangsaan Australia yang mengawali “karir” sebagai hacker sejak usia remaja. Ia mengembangkan kemampuannya di dunia maya menjadi “cypherpunk” – seorang pengkode yang memiliki visi untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk mencapai perubahan politik. Assange juga pernah meniti karir sebagai seorang junalis.

Assange meluncurkan WikiLeaks pada tahun 2006 dan hingga kini situs yang bermarkas di Swedia ini telah menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Saat ini Assange merupakan direktur resmi dari situs ini.

Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan. Selanjutnya, pada Oktober 2010, hampir 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini. Pada November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat.

Situs WikiLeaks ini juga menjadi sorotan di tanah air dan negara-negara anggota ASEAN. Dalam situs telah dibocorkan tidak kurang dari 3000 kawat diplomatik rahasia yang berkenaan dengan Indonesia. Kawat-kawat tersebut merupakan operasi intelijen rahasia AS di Indonesia sejak pemerintahan Presiden Soekarno. Meskipun sebagian besar kawat yang dimuat di situs tersebut mendapat sangkalan, akan tetapi skenario penangkapan Assange atas tuduhan pelecehan dianggap merupakan “hasil karya” dari pihak-pihak yang merasa terancam oleh keberadaan pria eksentrik ini.
oleh (Ika Akbarwati/IA/vbn)
informasi ini dapat anda lihat di Vibiznews.com

0 Response to "Zuckerberg dan Assange Bersaing Sebagai “Person of the Year” Majalah Time"

Post a Comment