Kacamata Hitam Belum Tentu Lindungi Mata

Pilih yang memiliki lapisan anti-ultraviolet. Bukan sekadar kacamata hitam meneduhkan.
Seperti kulit, mata juga membutuhkan perlindungan untuk menangkal efek buruk sinar matahari. Jika kulit dapat terlindung tabir surya, mata membutuhkan kacamata surya (sun glasses) yang memiliki lapisan anti-ultraviolet. Bukan sekadar kacamata hitam yang meneduhkan atau aksesori penambah gaya.

"Over-exposure sinar ultraviolet diduga menjadi penyebab katarak, kerusakan retina dan masalah mata lainnya, terutama di musim panas,” kata Dr Keiki Mehta, ahli bedah mata, seperti dikutip dari laman Times of India.

Menurutnya, kacamata surya adalah pelindung ideal yang bisa melindungi organ penglihatan dari efek buruk sinar matahari. Pastikan mengenakannya saat melakukan aktivitas luar ruang di bawah terik matahari. Termasuk saat berenang.

Terutama di musim panas, pengelola kolam renang biasanya meningkatkan penggunaan klorin dan bahan kimia lainnya untuk mempertahankan kualitas kebersihan air. Bahan kimia ini sering memicu terjadinya masalah pada mata, seperti mata menjadi mudah berair dan sensitif.

Agar tidak salah pilih, cobalah trik berikut untuk mendapatkan kacamata surya berkualitas baik:

1. Label
Lebih amannya, pilih kacamata surya yang mencantumkan label, '99% atau 100% ultraviolet blocking' daripada yang hanya mencantumkan label 'UV protection'.

2. Gelap
Perhatikan juga tingkat kegelapan kacamata. Caranya adalah dengan memakainya kemudian bercermin. Jika Anda masih bisa dengan jelas melihat mata sendiri, kegelapannya masih kurang untuk melindungi mata.

3. Ukuran pas
Ukuran kacamata juga harus pas dengan hidung dan lebar wajah. Jangan sampai terlalu sempit apalagi terlalu longgar. Jika kacamata longgar, perlindungannya menjadi kurang maksimal.

4. Konsultasi
Jika memungkinkan, berkonsultasilah dengan seorang profesional yang memahami kualitas kacamata. Biayanya memang sedikit lebih mahal, dibandingkan membeli langsung. Tetapi, Anda akan mendapatkan kacamata surya yang berkualitas baik dan tepat.
• VIVAnews

0 Response to "Kacamata Hitam Belum Tentu Lindungi Mata"

Post a Comment