Komponen Biaya dalam bisnis Warnet

KOMPONEN BIAYA BISNIS WARNET
Ternyata masih banyak orang yang berminat untuk terjun dalam bisnis warnet, terutama mereka yang mempunyai akses di tempat-tempat yang cukup ramai, dan memanfaatkan situasi yang ada, sehingga mereka berusaha untuk membangun bisnis warnet sebagai salah satu bisnis utamanya.
Namun demikian, terkadang juga banyak yang tidak tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis warnet ini? Berapa biaya yang diperlukan, proses pengadaan barang, komponen biaya apa yang harus harus dipersiapkan dan lain sebagainya.
Untuk itu dalam posting kali ini, saya akan mencoba mengulas tentang komponen biaya yang dibutuhkan saat kita memulai bisnis warnet. Ini semua juga adalah berdasarkan pengalaman saya dalam melakukan bisnis warnet yang  sudah digeluti selama hampir 2 tahun terakhir ini.
Baiklah, mari kita mulai menyusun komponen biaya apa saja yang harus kita persiapkan untuk memulai bisnis warnet ini.
Kita anggap bahwa anda sudah memiliki lokasi atau tempat untuk memulai bisnis warnet ini. Jadi perhitungan untuk sewa tempat kita abaikan dulu…….
Untuk memudahkannya, kita kelompokkan biaya-biaya ini dalam beberapa komponen, yaitu pisik, pengadaan, instalasi, operasional dan promosi.

Phisik
Adalah komponen biaya yang terdiri dari berbagai fasilitas untuk kenyaman warnet, seperti bilik atau sekat pembatas, meja komputer, kursi, karpet, AC dan sebagainya.
Komponen ini penting untuk kita persiapkan dan akan lebih bagus lagi bila semuanya sudah kita perhitungkan sejak dari awal kita membangun bisnis warnet.
Dengan demikian, kita harus sudah merencanakan semua ini dalam satu konsep yang telah kita susun sebelumnya tentang warnet yang akan kita bangun ini.

Pengadaan
Adalah komponen biaya yang harus kita keluarkan untuk membeli perangkat komputer dan seluruh keperluan barang elektronik untuk bisnis warnet.
Untuk pengadaan ini, sebaiknya kita membeli perangkat komputer yang terbaru walaupun bukan yang terbaik. Dengan membeli perangkat komputer baru yang bukan second, maka diharapkan faktor kerusakan yang akan timbul saat kita mulai operasional yang diakibatkan dari komputer kita yang sering trouble bisa kita hindari.
Biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan komputer adalah tergantung dari seberapa banyak komputer yang kita butuhkan. Semakin banyakkomputer yang kita pergunakan, maka semakin besar juga biaya yang kita butuhkan.
Ingatlah untuk pengadaan komputer ini selalu kita perhitungkan kelebihan 1 unit komputer. Jadi kalo kita ingin memeliki komputer yang dipergunakan untuk client sebanyak 5 unit, maka kebutuhkan komputer yang kita perlukan adalah sebanyak 6 unit komputer.
Mengapa demikian, karena kelebihan satu komputer itu adalah untuk komputer server. Dimana komputer server harus memiliki spesifikasi yang lebih bagus dari komputer client. Karena itu untuk komputer server ini biaya yang dibutuhkan bisa lebih mahal.

Instalasi
Adalah komponen biaya yang kita keluarkan untuk setting jaringan warnet kita dan juga yang tidak boleh kita lupakan adalah instalasi untuk listrik di warnet kita.
Untuk instalasi jaringan, perangkat yang kita butuhkan mulai dari kabel jaringan, konektor kabel, HUB pembagi jaringan, modem untuk koneksi internet. Sedangkan untuk instalasi listrik terdiri dari kabel jalur, konektor pencabangan, saklar, lampu dan sebagainya.

Operasional
Adalah komponen biaya yang harus kita keluarkan untuk operasional sehari-hari warnet kita. Seperti upah atau honor untuk operator, biaya untuk service dan perbaikan, bayar koneksi internet, biaya pemakaian listrik dan pengadaan adm.

Promosi
Adalah komponen biaya yang harus kita keluarkan untuk membuat media promosi warnet kita, seperti spanduk, papan nama atau neonsigth, brosur serta semua yang kita butuhkan untuk promosi.

Dari gambaran yang telah saya sampaikan ini, sekarang kita bisa menentukan nilai untuk masing-masing komponen tersebut, sehingga nantinya akan dicapai hasil akhir besarnya kebutuhkan yang kita perlukan untuk memulai bisnis warnet ini.

Perhitungan
Mari kita coba buat seluruh komponen biaya tersebut untuk kita beri nilai angka yang sesuai kebutuhan.
Phisik
a. Meja + kursi @Rp. 150.000 x 5 unit   = Rp. 750.000
b. Bilik / sekat ruangan @Rp. 50.000 x 5 = Rp.  250.000
c.   Kipas angin @Rp. 175.000 x 2 = Rp. 350.000
d.  Total Phisik                Rp. 1.350.000
Pengadaan
a.   Komputer client + LCD Monitor @Rp. 3.000.000 x 5     = Rp. 15.000.000
b.  Komputer server + LCD                =Rp. 4.500.000
c.Printer + scanner            =Rp. 2.000.000
d.Headset @Rp. 50.000 x 5             =Rp. 250.000
e.   Webcam @Rp. 50.000 x 5            =Rp. 250.000
-----------------------------
f.       Total     Rp. 22.000.000
Instalasi
a.    HUB 8 port      = Rp. 800.000
b.    Modem           = 450.000
c.    Mikrotik          =Rp. 500.000
d.   Kabel Jaringan @Rp. 5000/meter x 50 meter =Rp. 250.000
e.   Kabel jalur listrik @.Rp. 5000/meter x 20 meter  =Rp. 100.000
f.    Saklar + switch              =Rp. 150.000
---------------------------------------
g.   Total                 Rp. 2.250.000
Operasional
a.                                                                                                                                                              Honor operator /bulan             =Rp. 250.000
b.                                                                                                                                                             ADM                 =Rp. 100.000
c.                                                                                                                                                              Biaya service dan perbaikan =Rp. 100.000
d.                                                                                                                                                             Kebutuhan harian       =Rp. 100.000
e.                                                                                                                                                             Total                 Rp. 550.000
Promosi
a.                                                                                                                                                              Spanduk          =Rp. 75.000
b.                                                                                                                                                             Brosur              =Rp. 50.000
c.                                                                                                                                                              Pasang iklan di radio lokal      =Rp. 150.000
d.                                                                                                                                                             Total                 Rp. 275.000

Phisik                                            Rp.      1.350.000
Pengadaan                                  Rp.    22.000.000
Instalasi                                        Rp.      2.250.000
Operasional                                Rp.          550.000
Promosi                                        Rp.          275.000
Total                                              Rp.    26.425.000

Nah dari gambaran apa yang telah saya sampaikan diatas ini, sekarang paling tidak anda sudah mempunyai satu pemikiran untuk mempersipkan bisnis warnet ini, terutama dilihat dari segi dana yang dimiliki oleh anda saat ini.
Mungkin angka-angka diatas bisa saja berbeda bila anda bisa mencari barang-barang atau kebutuhan yang diperlukan dengan harga yang lebih murah tetapi tetap selalu memperhatikan factor kualitas dari barang tersebut. Artinya, walaupun barang tersebut bagus tetapi murah kenapa tidak untuk anda pergunakan saja. Sebaliknya bila barang tersebut mahal tetapi tidak memiliki kualitas yang bagus, percuma untuk kita pakai.
Jadi apa yang telah saya berikan gambaran diatas tadi, janganlah jadi patokan untuk anda terutama dilihat dari nilainya. Tetapi sekarang anda sudah bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang harus anda persiapkan untuk memulai bisnis warnet ini.
Semoga dengan gambaran yang telah saya sampaikan ini bisa membuat anda merencanakan bisnsi warnet anda lebih baik lagi, dan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak dari awal.

(Shanny Ratman,Ciamis)

0 Response to "Komponen Biaya dalam bisnis Warnet"

Post a Comment