Perusahaan Kelas Dunia yang Jadi Idaman untuk Tempat Bekerja

Awal tahun merupakan momentum bagi perusahaan dan pencari kerja untuk melakukan aksi yang disebut dengan pasar tenaga kerja.Perusahaan berusaha untuk melakukan penambahan SDM ditengah adanya penuntutan target bisnis yang harus dicapai dalam setahun atau dalam jangka panjang. Sedangkan disisi para pencari kerja, awal tahun merupakan waktu bagi mereka untuk memperoleh status dan pekerjaan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dalam pasar tenaga kerja, perusahaan sudah barang tentu menawarkan fasilitas dan prospek bagi para calon tenaga kerja yang tersedia. Beberapa hal yang ditawarkan dan bersifat sesuai standarisasi dunia kerja yaitu diantaranya ialah tawaran jenjang karir yang baik, asuransi, fasilitas pendukung seperti asuransi kesehatan, atau bahkan liburan menjadi sebuah hal yang menjadi batas normal bagi sebuah perusahaan untuk menarik calon pekerja.

Situs bisnis Fortune merilis daftar 10 perusahaan kelas dunia yang dinilai menjadi perusahaan idaman untuk bekerja. Beberapa perusahaan kita sudah kenal memiliki kapasitas yang luar biasa dalam memanjakan para pekerja.

Perusahaan IT Mendominasi

Untuk posisi pertama ditempati oleh SAS, perusahaan yang berkecimpung dibidang konsultan bisnis yang memiliki reputasi terdepan dibidangnya. SAS yang telah berdisi sejak 34 tahun ini bahkan terus melebarkan sayapnya ke bidang konsultan IT dan menjadi benchmark bagi industri konsultan IT yang cukup mengalami perkembangan yang pesat. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh SAS yaitu asuransi kesehatan, perlindungan senilai 410 dollar bagi pekerja yang telah memiliki anak, fasilitas kebersihan mobil, kesehatan tubuh dan gym yang disediakan didalam area kantor. Posisi kedua ditempati oleh Boston Consulting Group, perusahaan yang sejenis dengan SAS ini memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang "memanjakan" para pekerjanya.

Ditengah kesuksesan BCG didalam industri konsultan bisnis, perusahaan tersebut selain memberikan imbalan salary yang lebih dari cukup namun juga memberikan pelayanan yang maksimal, salah satunya ialah dengan memberikan perlindungan bagi para anak pekerja dengan adanya jaminan yang sesuai dengan standar dari World Food Program, PBB.

Peringkat ketiga ditempati oleh Wegman Food Markets. Perusahaan supermarket terkemuka asal AS ini memberikan gambaran bahwa perusahaan ritel pun dapat memberikan pelayanan dan imbalan bagi para pekerjanya secara maksimal. Tahun 2011 ini, Wegman Food Markets telah membuat kebijakan berupa pemberian suplemen sayuran dan buah-buahan kepada 11 ribu pekerja per harinya. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memberikan kesehatan yang cukup dan membantu produktifitas bekerja. Selanjutnya ditempati oleh Google yang memang dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan fasilitas yang maksimal bagi para pekerjanya. Beberapa fasilitas yang diberikan ialah tersedianya banyak kafetaria gratis di lingkungan kantor, laundry gratis, fasilitas liburan dan juga fasilitas hiburan berupa ruang bermain dan refreshing di lingkungan kantor.

Perusahaan berbasis IT rupanya masih menjadi pemimpin dalam survey yang dilakukan oleh Fortune. Posisi kelima diisi oleh NetApp yang bergerak dalam industri konsultan IT/software. Perusahaan yang sepanjang tahun lalu mengalami kenaikan keuntungan bersih 33% ini lebih ingin mengoptimalkan jumlah bonus kepada pekerjanya. Untuk jajaran direksi, bonus tahunan rata-rata yang diberikan sebesar 76.450 dollar, sedangkan bagi karyawan biasa memiliki rata-rata sebesar 21.917 dollar. Beberapa layanan juga diberikan kepada karyawan seperti pemberian gratis krim keju setiap hari Jumat dan tersedianya mesin kopi gratis di kantor.

Kembali ke perusahaan ritel, Zappos.com sebagai perusahaan ritel online pun turut memberlakukan sebuah keistimewaan bagi para pekerjanya. Zappos.com yang menjual kebutuhan sandang ini memberikan fasilitas kepada pekerjanya berupa makan siang gratis, vending machine dan wahana hiburan yang diisi oleh konsol-konsol video game. Posisi selanjutnya ditempati oleh Camden Property Trust, perusahaan yang bergerak di sektor properti ini justru memberikan fasilitas liburan bagi karyawannya ke beberapa tempat wisata di AS seperti Orlando, Denver dan San Diego. Di peringkat ke 8 ada Nugget Market, perusahaan kuliner yang memiliki banyak cabang restoran di AS. Fasilitas yang diberikan oleh Nugget Market kepada pekerjanya ialah dengan memberikan bonus dengan kisaran antara 20 - 1.500 dollar per tahun dan juga memberikan diskon 10% bagi pekerja yang ingin membeli produk di Nugget Market.

Dua perusahaan terakhir diperingkat 9 dan 10 ditempati oleh Recreational Equipment (REI) dan DreamWorks Animation. Untuk REI yang menjual produk-produk outdoor sejak 15 tahun terakhir, memberikan fasilitas kepada para pekerjanya berupa diskon 50-75% bagi para pekerja yang ingin membeli produk dari REI, selain itu REI juga membeikan penyewaan gratis bagi pekerja yang ingin menggunakan produk-produk REI dan yang tak lupa ialah paket liburan outdoor gratis tiap tahunnya. Untuk posisi terakhir ditempati oleh studio film, DreamWorks Animation yang kita kenal merupakan studio yang telah melahirkan banyak film box office yang diantaranya ialah Kungfu Panda dan Shrek. Beberapa fasilitas yang diberikan oleh Dream Works Animation kepada pekerjanya ialah berupa makan siang gratis, yoga, kelas kesenian, screening film dan bonus bulanan.

Dari 10 perusahaan tersebut, kita dapat melihat bahwa kebijakan pemberian fasilitas kepada para pekerja dinilai penting dalam menjaga keharmonisan hubungan antara perusahaan dan pekerja. Keuntungan turunan yang ditimbulkan juga dapat berupa semakin produktif dan loyalnya para pekerja terhadap perusahaan tempat bekerjanya.

Dikutip dari vibiznews.com

0 Response to "Perusahaan Kelas Dunia yang Jadi Idaman untuk Tempat Bekerja"

Post a Comment